• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Republik Team
1 comment | 2:39 PM
Berikut ini merupakan kerajaan-kerajaan yang menjadi wilayah taklukan dari Tarumanagara, terutama di saat Tarumanagara dipimpin oleh Maharaja Purnawarman (kecuali Kendan). Tiap-tiap kerajaan di bawah ini memiliki bendera tersendiri yang biasanya bergambarkan bermacam-macam binatang.

1.   KERAJAAN  SALAKANAGARA
      Kerajaan ini dibahas pada bab yang terpisah.

2.   KERAJAAN  INDRAPRAHASTA
Kerajaan ini dibahas pada bab yang terpisah.

3.   KERAJAAN   KENDAN
      Kerajaan ini dibahas pada bab yang terpisah.

4.   KERAJAAN  CUPUNAGARA
Di kerajaan ini mengalir sungai Cupu, karena itu kerajaan ini dinamai Cupunagara. Raja yang terkenal dari kerajaan ini bernama Prabu Satyaguna. Sang raja memilik puteri sulung yang menikah dengan Cakrawarman (adik Maharaja Purnawarman yang menjadi pemberontak di masa kekuasaan Wisnuwarman / raja Tarumanagara ke-4).
Dalam peristiwa pemberontakan yang dilakukan menantunya ini, Prabu Satyaguna dihadapkan pilihan yang dilematis. Saat komplotan Cakrawarman terdesak oleh pasukan Tarumanagara dan kemudian bersembunyi di sebuah hutan wilayah Cupunagara, Prabu Satyaguna sebenarnya ingin memberikan bantuan kepada sang menantu. Apalagi saat itu, Cakrawarman dengan tegas memohon pertolongan serta meminta izin kepada Prabu Satyaguna untuk mendirikan kerajaan baru di wilayah Cupunagara, sebagai kerajaan tandingan dari Tarumanagara. Tetapi, Prabu Satyaguna tidak bisa mengabulkan permohonan itu karena merasa takut oleh kebesaran Tarumangara, disamping itu dua orang anaknya yang lain memiliki hubungan kerja dan kekerabatan dengan Tarumanagara (puterinya yang ke-2 menikah dengan seorang menteri Tarumangara, sedangkan puteranya yang ke-3 menjadi senapati angkatan laut Tarumanagara).
Dengan perasaan bimbang, akhirnya Prabu Satyaguna memutuskan untuk memberikan pertolongan dalam bentuk pemberian perbekalan dan senjata, tetapi dengan syarat Cakrawarman harus meninggalkan wilayah kerajaan Cupunagara. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman telah dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman).
      Perkembangan selanjutnya dari kerajaan ini, terjadi setelah diperintah oleh Nagajaya. Tokoh ini kemudian menikah dengan Mayasari (putri raja Taurmanagara ke-10). Setelah mertuanya dibunuh, Nagajaya berhasil menewaskan sang pembunuh raja tarumanagara itu melalui perkelahian yang sengit. Karena ikatan pernikahan dan jasanya yang besar bagi Tarumangara, maka dia dinobatkan menjadi raja Tarumanagara.
      Setelah Nagajaya menjadi raja Tarumanagara, tahta kerajaan Cupunagara diserahkan pada adiknya yang bernama Jayaguna.

5.   KERAJAAN   NUSA  SABAY
Tokoh yang terkenal dari kerajaan ini bernama Sagarantaka. Tokoh ini merupakan seorang Kesatria dari Kerajaan Nusa Sabay yang ikut mendukung Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).

6.   KERAJAAN  PURWANAGARA
Tokoh yang terkenal dari kerajaan ini bernama Tegalaksana. Tokoh ini merupakan seorang menteri Purwanagara yang ikut mendukung Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).
     

7.   KERAJAAN  UJUNG KULON
Sejarah singkat tentang kerajaan ini akan dibahas pada Bab Kerajaan-Kerajaan Bawahan Salakanagara sub- Kerajaan Ujung Kulon.

8.        KERAJAAN  GUNUNG  KIDUL
Tokoh yang terkenal dari kerajaan ini bernama Jayagiri. Tokoh ini merupakan putra mahkota yang ikut mendukung Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).

9.        KERAJAAN  PURWALINGGA
      Lokasi kerajaan ini berada di kota Purbalingga, Jawa Tengah  (sekarang). Tokoh yang terkenal dari kerajaan ini bernama Surayuda. Tokoh ini merupakan seorang tumenggung Purwalingga yang ikut mendukung Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).

 10.     KERAJAAN  AGRABINTA
Kerajaan ini merupakan kerajaan yang setia terhadap kedaulatan yang ada di Tarumanagara. Wujud kesetiaanya adalah pengiriman pasukan bantuan untuk Tarumanagara di saat kerajaan “induk” itu mengalami pemberontakan Cakrawarman.
Pengiriman bala bantuan ini kemungkinan dilakukan karena Kerajaan Agrabinta merasa malu kepada Tarumanagara setelah salah seorang menteri-nya yang bernama Purnawangi menjadi “antek-antek” Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).

11.       KERAJAAN  GUNUNG  MANIK
Disebut juga Kerajaan Manikparwata.

 12.       KERAJAAN  SABARA
Kerajaan ini juga merupakan kerajaan yang setia terhadap Tarumanagara. Sama halnya seperti Kerajaan Agrabinta, wujud kesetiaanya itu diperlihatkan dengan mengirimkan pasukan bantuan untuk bergabung dengan pasukan inti Tarumanagara dalam usaha menumpas pemberontakan Cakrawarman.
Namun, tidak semua dari pembesar kerajaan ini yang setia pada Tarumanagara. Sejarah mencatat, seorang Panglima dari kerajaan ini yang bernama Jayagana, ikut mendukung Cakrawarman dalam usaha pemberontakan di Tarumanagara. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).
Sungguh ironis memang, di satu sisi Sabara ikut menumpas pemberontakan Cakrawarman, tetapi di sisi lain salah seorang panglima-nya malah mendukung pemberontakan Cakrawarman.

13.       KERAJAAN  BUMI  SAGANDU
Kerajaan ini berjasa dalam membantu Tarumangara bersama-sama  dengan pasukan sekutu Tarumanagara lainnya saat berhasil menaklukan komplotan Cakrawarman di wilayah Girinata. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman telah dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman).

14.       KERAJAAN  LEGON
Seperti kebanyakan kerajaan bawahan Tarumanagara lainnya. Kerajaan Legon juga sangat setia terhadap Tarumanagara. Pasukan dari Legon yang bisa diandalkan, ikut berperan serta dalam menumpas pemberontakan Cakrawarman. (lihat kerajaan Tarumangara, sub-Wisnuwarman).

15.       KERAJAAN  MANUKRAWA
Berdiri sekitar abad ke-4, berlokasi di tepi sungai Sarasah / Manukrawa (sekarang bernama Cimanuk).
Kerajaan ini berjasa dalam membantu Tarumangara saat berhasil menumpas pemberontakan Cakrawarman. Pasukan Kerajaan Manukrawa dipimpin oleh Welutbraja, bergabung dengan pasukan sekutu Tarumanagara lainnya melalui jalur sungai untuk menggempur komplotan Cakrawarman yang saat itu berada di Girinata. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman).
Diduga akibat terjadi musibah banjir bandang sungai Cimanuk, kerajaan ini berakhir riwayatnya dan kembali menjadi hutan belantara (sebelum Aria Wiralodra yang mendirikan Darma Ayu datang ke wilayah ini – lihat Darma Ayu).

16.       KERAJAAN  MALABAR
Kerajaan ini berlokasi di kaki Gunung Malabar (sekarang wilayah Bandung Selatan). Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Wisnubumi. Raja ini memiliki seorang puteri yang bernama Citra Kirana, puteri ini kemudian menikah dengan Wiryabanyu (raja Indraprahasta ke-3).

17.       KERAJAAN  SINDANG  JERO
Kerajaan ini turut berjasa dalam membantu Tarumangara mengatasi pemberontakan Cakrawarman. Pasukan Kerajaan Sindang Jero pimpinan Panglima Pasukan Darat yang bernama Bonggol Bumi, bergabung dengan pasukan gabungan kerajaan bawahan Tarumanagara lainnya untuk menyerang Cakrawarman dan pengikutnya yang bemarkas di Girinata. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman).

18.      KERAJAAN WANAGIRI    
      Kerajaan ini dibahas pada bab yang terpisah.

19.       KERAJAAN  GALUH WETAN
Disebut juga Kerajaan Purwagaluh.

20.       KERAJAAN  GUNUNG  KUBANG
Disebut juga Kerajaan Kubanggiri.

21.       KERAJAAN  GUNUNG  BITUNG
      Disebut juga Kerajaan Bitunggiri.

22.       KERAJAAN  SUNDA  SEMBAWA
Kata “Sembawa” dari nama kerajaan ini berarti awal atau asli. Kelak dari kerajaan ini muncul seorang tokoh yang mendirikan Kerajaan Sunda (tanpa akhiran “sembawa”). Tokoh yang terkenal tersebut bernama Tarusbawa.
Asal mula keberadaan Kerajaan Sunda berasal dari cerita bahwa Tarusbawa menikah dengan Dewi Manasih (puteri sulung Linggawarman / raja Tarumanagara). Setelah Linggawarman turun tahta, maka kekuasaan Tarumanagara jatuh pada Tarusbawa. Mulai pada periode kekuasaannya itulah, Tarusbawa mengganti nama Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda. (Lihat Kerajaan Sunda, sub-Tarusbawa).

23.       KERAJAAN  SINGANAGARA
Kerajaan ini berjasa dalam membantu Tarumangara bersama-sama  dengan pasukan sekutu Tarumanagara lainnya saat berhasil menaklukan komplotan Cakrawarman di wilayah Girinata. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman).

24.       KERAJAAN  SINDU GUMITA
Kerajaan ini berjasa dalam membantu Tarumangara bersama-sama  dengan pasukan sekutu Tarumanagara lainnya saat berhasil menaklukan komplotan Cakrawarman di wilayah Girinata. (cerita selengkapnya mengenai pemberontakan Cakrawarman dibahas pada bab Tarumanagara, sub-Wisnuwarman)

25. KERAJAAN  DUA  KALAPA
26. KERAJAAN PASIR  MUHARA
27. KERAJAAN  PASIR  SANGGARUNG
28. KERAJAAN  INDIHIYANG
29. KERAJAAN  KARANG  SINDULANG
30. KERAJAAN  GUNUNG  CUPU
31. KERAJAAN  CANGKUANG
32. KERAJAAN  PURWAKERTA
33. KERAJAAN  PALADU
34. KERAJAAN  KOSALA
35. KERAJAAN  SAGARA  KIDUL
36. KERAJAAN  ALENGKA
37. KERAJAAN  TANJUNG KALAPA
38. KERAJAAN  PAKUAN SUMURWANGI
39. KERAJAAN  KALAPA  GIRANG
40. KERAJAAN  SAGARA  PASIR
41. KERAJAAN  RANGKAS
42. KERAJAAN  PURA DALEM
43. KERAJAAN  LINGGADEWATA
44. KERAJAAN  TANJUNG CAMARA
45. KERAJAAN  WANADATAR
46. KERAJAAN  SETYARAJA
47. KERAJAAN  JATI  AGEUNG
48. KERAJAAN  WANAJATI

1 comment:

kembali ke atas