• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 11:50 PM
Salah satu daerah yang masih melestarikan budaya Sunda adalah kampung Sindang Barang yang terletak di daerah Bogor. Kampung ini selain terlihat asri karena lokasinya yang hijau, juga kental dengan budaya karena masih mempertahankan rumah adat yang masih sangat tradisional. Kampung ini juga masih mengembangkan tradisinya secara turun temurun kepada generasi penerusnya. Hal ini baik, agar pelestarian budaya tidak putus di tengah jalan.

Kampung ini merupakan kampung tertua yang ada di Bogor. Selain 8 jenis kesenian Sunda yang dilestarikan, kampung ini memiliki peninggalan purbakala bekas kerajaan Pajajaran yang tergambar dalam bukit-bukit berundak.

Arti Sindang Barang

Sindang Barang sendiri memiliki arti yang sangat dalam dan sakral. Sindang berarti berhenti, sedangkan barang lebih mengacu pada arti tentang keduniawian atau hal-hal yang bersifat materi. Setelah digabung, arti Sindang Barang tentu menjadi sangat dalam yakni meninggalkan hal-hal yang bersifat materi atau duniawi. Maka tak heran jika Kampung Sindang barang ini menjadi lokasi yang sangat tradisional dan mengedepankan hubungan antar manusia dengan manusia dan manusia dengan alamnya.

Sindang Barang sebuah Lokasi Wisata

Untuk melestarikan kesenian Sunda, lokasi ini menjadi lokasi wisata kesenian Sunda yang pas. Sejumlah kesenian Sunda yang dimiliki oleh kampung ini disuguhkan kepada para pelancong baik yang datang dari dalam maupun luar negeri. Tak hanya kesenian yang menjadi daya tarik kampung ini. Hijaunya sawah yang terhampar luas serta pemandangan alam lainnya juga menjadi daya tarik khas dari perkampungan ini.

Sebuah perkampungan yang masih menjaga alam, mempertahankan tradisi. Lebih tepatnya, lokasi yang menggambarkan kehidupan di masa lampau, tetapi lebih modern. Di lokasi ini, terdapat 27 bangunan rumah tradisional Sunda yang bisa digunakan untuk para wisatawan berteduh dan menghabiskan waktu untuk berwisata. Pasalnya, setiap rumah di Sindang Barang memiliki fungsi yang unik, berbeda antara satu dengan yang lain. Seperti berfungsi untuk lumbung padi dan yang lainnya.

Kampung Sindang Barang ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk melepas penat dengan keasrian dan rimbunan daun yang hijau plus menikmati keramahan serta kehidupan masyarakat Sunda masa lampau. Lebih tenang, asri dan menyegarkan. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design