• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
1 comment | 4:57 AM
West Java Kingdom

Beberapa orang mungkin lebih memilih menikmati tarian modern dari girlband atau boyband dari pada mengintip budaya Sunda yang sangat menarik dan banyak macamnya. Namun, sebagian besar warga di daerah tersebut tahu budaya yang terkenal di daerahnya. Sayangnya, ketika ditanya budaya daerah lain, masih banyak yang bertanya dan diam karena tidak tahu. Nah, khusus untuk budaya Sunda, ada beberapa jenis tarian yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, urang Sunda maupun bukan. Tarian tersebut antara lain;

1.    Tari rampak gendang
Tari ini sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan jenis tarian ini sudah sampai di Amerika. Secara khusus, mahasiswa Amerika datang ke Indonesia untuk mempelajari tarian Sunda yang memiliki gerakan energik. Tak hanya tentang gerakannya tetapi juga sejarahnya. Sesuai dengan namanya, tarian ini memiliki instrument music utama berupa gendang (kendang). Pemain musiknya tidak lain adalah penari yang naik ke atas pentas. Tampak seperti perkusi. Biasanya, tarian ini dimainkan oleh 2 orang lebih. Membutuhkan keselarasan gerakan dan tekanan pemukulan kendang yang sama saat memainkan. Tarian ini juga terkadang diiringi alat musik lain seperti gitar dan rebab.

2.    Tari topeng
Cirebon menjadi salah satu daerah yang sering menyajikan tari topeng, tarian ini tentu memiliki keunikan dalam bentuk topeng yang dipakai oleh sang penari. Keunikan inilah yang membuat tarian ini mudah untuk diingat. Selain tari topeng Cirebon, di Jawa Barat juga ada tari topeng Priangan yang sudah berkembang sejak abad ke-19. Salah satu tarian topeng Priangan yang terkenal adalah tari topeng Kencana Wungu.

3.    Tari  Jaipong
Tari ini bisa dikategorikan sebagai tarian yang modern, karena merupakan tarian yang lahir dari tarian-tarian tradisional yang sudah diperbarui. Tarian ini sudah sangat terkenal di penjuru negeri, hal ini sudah tidak dapat dipungkiri kebenarannya. Bahkan, banyak orang yang tak hanya tahu gerak tarinya yang energik saja, sejarah tentang lahirnya tarian ini pun sudah banyak diketahui. Tak heran, jika tarian ini semakin digandrungi oleh masyarakat.

Tiga tarian di atas telah mampu mencuri hati masyarakat, tak hanya urang Sunda, tetapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya. (WJK News)

1 comment:

  1. terimakasih telah berbagi, saya tertarik dengan artikel anda saya jadi tahu ada 3 jenis tarian sunda yang ada, oh ya saya juga ada penulisan yang sama yang bisa anda kunjungi Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design