• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 2:28 AM
Rumah Adat Sunda memiliki bentuk yang mirip dengan rumah tradisional di Indonesia lainnya, yaitu berbentuk rumah panggung. Bentuk rumah ini memiliki manfaat sangat banyak dalam kaitannya dalam penanggulangan bencana seperti banjir dan gempa bumi. Kali ini akan dibahas secara khusus mengenai jenis rumah adat Sunda jika ditinjau dari bentuk atap rumahnya.
Berdasarkan atap rumahnya, rumah adat Sunda dapat dibagi menjadi 6, yaitu:

1.    Rumah Adat Jolopong
Rumah jenis ini memiliki atap dengan bentuk seperti pelana dan memanjang. Bisa dibilang, atap rumah Jolopong ini sangat sederhana tanpa pernak-pernik atau lekukan yang rumit.

2.    Rumah Adat Perahu Kumureb
Sekilas bentuknya tampak seperti gunung tangkuban perahu. Ya, rumah adat perahu kumureb memang memiliki atap yang bentuknya mirip perahu terbalik seperti legenda tangkuban perahu.

3.    Rumah Adat Julang Ngapak
Rumah adat yang satu ini memiliki atap dengan bentuk seperti sayap burung yang sedang digunakan untuk terbang. Jadi, ada lekukan yang membentuk sayap dan puncak atap rumah membentuk badan burungnya.

4.    Rumah Adat Badak Heuay
Atap rumah jenis ini berbentuk seperti badak yang sedang membuka mulut. Tersiri dari 2 bagian atap, bagian kecil dan besar. Bagian besarnya terletak pada bagian belakang, sedang bagian kecil menudungi bagian depan rumah (tempat menerima tamu lelaki).

5.    Rumah Adat Tagog Anjing
Bentuknya sekilas seperti badak heuay, bedanya adalah antara atap besar dan kecil di satukan dalam satu titik di tengah, tidak memotong dan terbuka seperti rumah adat badak heuay. Bentuknya sederhana seperti anjing yang sedang duduk.

6.    Rumah Adat Capit Gunung
Bentuk atap terakhir mirip sekali dengan gunting. Bagian ujung atap saling silang (menyisakan hasil persilangan kayu di bagian atas). Sebenarnya rumah jenis ini memiliki bentuk yang sederhana, namun karena persilangan tersebut, nilai estetika dari rumah ini bertambah. Indah.
Itulah enam jenis rumah adat Sunda zaman lampau yang seharusnya dilestarikan. Beberapa rumah jenis ini masih bisa ditemukan di daerah Jawa Barat, seperti Kanekes, Garut, dan lain sebagainya. Namun, mungkin pemakaian beberapa bahannya sudah berbeda dengan rumah adat masa lalu. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design