• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 11:44 PM
WEST JAVA KINGDOM
Sekilas alat musik Sunda ini sama dengan angklung. Ya, calung memang bisa dibilang merupakan saudara kembar dari angklung. Sama-sama terbuat dari bambu dan membunyikan suara-suara yang merdu.

Apa Itu Calung?
Calung dapat diartikan sebagai sebuah alat musik yang terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara dipukul sambil dijinjing. Pengertian lain dari calung adalah sebuah seni pertunjukan. Meski merupakan saudara kembar dari angklung, keduanya terbilang unik dalam hal cara memainkannya. Seperti diketahui, angklung dibunyikan dengan cara digoyang sedangkan calung dibunyikan dengan cara dipukul. Tangga nada yang ada pada calung ini adalah da-mi-na-ti-la.

Jenis-Jenis Calung
Calung Sunda ini terdiri atas dua jenis, yaitu;

1.    Calung Jinjing
Calung jinjing terdiri dari 4 hingga 5 buah bambu. Dimainkan dengan cara dijinjing lalu dipukul. Caranya adalah menjinjingnya dengan tangan kanan dan memukulnya dengan tangan kiri. Cara memukulnya pun tidak bisa sembarangan, ada beberapa teknik yang digunakan seperti dikemprang, dikempyung, dirangkep, dirincik, solorok, salancar, dan lain sebagainya. Pemakaian teknik ini tergantung pada pemain calungnya. Calung Jinjing ini memiliki 2 nada yakni salendro dan madenda. Nada salendro biasanya bernada pelog sedangkan madenda bernada nyorog.

2.    Calung Rantay
Berbeda dengan calung jinjing, calung rantai dimainkan dengan bersila. Calung rantai ini bisa berbentuk satu deret ada yang dua deret. Yang terbentuk dari dua deretan diberi nama induk dan anak. Calung ini dimainkan dengan dipukul menggunakan dua tangan. Biasanya diikat di bilik rumah atau di pohon-pohon.

Fungsi Calung
Fungsi calung dulunya adalah sebagai sarana dalam upacara adat atau ritual-ritual tertentu. Selain itu juga digunakan sebagai alat musik saat digelar pertunjukan. Namun, pada perkembangannya, fungsi alat musik ini berubah, yakni hanya untuk pertunjukan saja. Bahkan, kini alat musik Calung sudah digabungkan dalam pertunjukan dangdut di Jawa Barat.

Pemakaian calung dalam industri musik tanah air seperti dangdut ini menjadi salah satu bukti bahwa alat musik ini sedang dilestarikan oleh masyarakat Sunda. Beruntung Calung masih bisa dipakai sebagai alat musik dangdut, sehingga generasi muda Indonesia saat ini tahu bahwa ada alat musik lain di Sunda yang tak kalah menarik, yakni calung. Ke depannya, pelestarian alat musik ini akan semakin berkembang pesat. Semoga. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design