• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 10:32 PM
WEST JAVA KINGDOM
Sama seperti daerah lainnya yang mempercayai ramalan hari lahir, urang Sunda kuno juga mempercayai ramalan ini. Hingga kini pun masih ada yang mempercayai ramalan tersebut, meski ada juga yang menganggap hal tersebut hanyalah mitos. Terlepas dari dua pendapat yang berkebalikan tersebut, berikut adalah ramalan hari lahir dalam mitologi Sunda kuno yang dijabarkan sesuai dengan harinya;



Ramalan Lahir Hari Senin
Hari lahir senin dilambangkan dengan bunga yang memiliki sifat dasar indah. Maka dari itu, orang yang lahir di hari ini dipercaya memiliki wajah yang ganteng (jika lelaki) atau cantik (jika perempuan). Selain memiliki wajah yang rupawan, orang yang lahir di hari ini juga memiliki sifat yang humoris dan selalu ceria. Dengan aura yang begitu kuat, pribadi ini mampu memikat orang yang ada di sekitarnya.

Ramalan Lahir Hari Selasa
Dilambangkan dengan api, artinya kuat, hidup dan kharismatik. Orang yang lahir di hari ini biasanya sangat mudah disegani orang. Cocok sekali jika menjadi seorang pemimpin atau berkarir di bidang politik. Jika yang lahir perempuan, maka dia akan menjadi pribadi yang anggun dan elegan. Sebaliknya, jika yang lahir adalah lelaki maka akan memiliki tubuh yang tegap, gagah, dan tinggi besar.

Ramalan Lahir Hari Rabu
Daun adalah lambangnya. Orang yang lahir di hari Rabu menurut mitologi Sunda kuno memiliki empati yang tinggi dan sangat mudah jatuh cinta. Rasa empati yang tinggi membuatnya cocok untuk bekerja sebagai guru atau dokter.

Ramalan Lahir Hari Kamis

Kamis berlambang angin. Adalah orang-orang yang bertanggung jawab dan pekerja keras. Karier yang cocok untuk si pekerja keras ini adalah wiraswasta, nelayan, dan atau pekerjaan yang membutuhkan kerja otot.

Ramalan Lahir Hari Jumat

Lahir hari Jumat menurut mitologi Sunda kuno berarti air. Tenang dan dingin adalah dua sifat dasar yang dimiliki oleh orang yang lahir di hari Jumat. Menjadi penulis, sastrawan, seniman, dan karier yang membutuhkan ketenangan dan kebijaksanaan adalah karier yang cocok untuk si air.

Ramalan Lahir Hari Sabtu
Berarti bumi. Diam namun memiliki pengetahuan yang luas adalah ciri orang ini. Pemberani, ulet, dan mampu bangkit dari keterpurukan dengan cepat.

Ramalan Lahir Hari Minggu
Memiliki lambang langit. Memiliki sikap yang kuat, jarang bersedih dan selalu melihat hal positif dari semua hal.
Terlepas dari nilai kebenaran dari ramalan-ramalan tersebut. Itulah yang menjadi kepercayaan di masyarakat Sunda pada masa lampau. Semoga semakin bisa menambah pengetahuan tentang budaya Sunda. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design