• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 8:37 PM
Menelusuri lokasi sejarah memang sangat mengasyikan bagi para pecinta sejarah. Kehadiran Pura Jagatkarta bagaikan sebuah oase mengingat barat Jawa sangat minim peninggalan sejarah yang berkaitan dengan kerajaan Sunda / Pajajaran. Tak heran apabila setiap minggunya lokasi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan (bagi umat Hindu, kunjungannya ke lokasi ini sebagai wisata Ziarah). 

Pura yang terletak di kaki Gunung Salak, di Ciapus, Kecamatan Tamansari di Kabupaten Bogor ini diyakini sebagai lokasi dari Pakuan Pajajaran, wilayah ibukota Kerajaan Sunda-Galuh (kemudian dilanjutkan oleh Pajajaran). Inilah pura terbesar di luar Bali, setelah Pura Besakih di Pulau Bali. Pura yang mulai dirintis tahun 1995 ini berdiri diatas tanah sekitar 15 ha. Pura yang berada dalam konsep bumi suci, Parahyangan (Para Hyangan), Bogor.

Pemilihan lokasi Pura Jagatkarta ini berdasarkan hasil penelitian (bagi sebagian orang tentunya masih dianggap sebatas legenda) dimana titik tersebut adalah tempat Prabu Siliwangi mencapai moksa bersama para prajuritnya. (WJK News)

West Java Kingdom
dok.Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design