• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 9:22 PM
WEST JAVA KINGDOM
Kacapi atau kecapi adalah salah satu alat musik warisan budaya sunda. Kecapi selain memiliki sejarah yang rumit, juga susah dalam pembuatannya. Tak berlebihan jika alat musik yang bisa menenteramkan hati ini terbilang mahal, mahal dalam artian seninya karena memiliki cita rasa yang tinggi dan khas. Kacapi biasanya dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang sunda atau mamaos cianjuran dan kacapi suling. Beberapa kesenian di Sunda menggunakan kecapi sebagai pengiringnya.

Nada pada Kecapi
Ada lima tangga nada dalam kecapi sunda, yaitu Da, Mi, Na, Ti, dan La. Dengan lima tangga nada ini, biasanya untuk menghasilkan musikalitas yang beragam, kecapi dipasangkan dengan alat musik lainnya, yaitu suling sunda. Dua alat musik ini sama-sama memiliki genre menenteramkan hati karena alunannya yang sama-sama merdu saat didengarkan dan diresapi.

Pembuatan yang Rumit dan Bahan Khusus
Sebelumnya sudah disinggung bahwa alat musik yang satu ini terbilang mahal dalam hal seni karena memiliki cita rasa tinggi dan khas. Ternyata, mahalnya alat musik ini tak hanya itu saja. Senada dengan hasil nadanya yang indah, proses pembuatannya juga terbilang rumit dan membutuhkan bahan-bahan khusus. Tak heran jika hanya beberapa orang saja yang bisa membuat alat musik ini. Kecapi terbuat dari bahan kayu kenanga yang direndam selama tiga bulan. Dari proses ini saja sudah memakan waktu. Belum lagi pemilihan senar untuk kecapi yang mengharuskan memakai kawat suasa yang merupakan campuran antara tembaga dan emas. Karena merupakan gabungan dari kedua benda yang mahal, maka suasa juga menjadi sangat mahal. Untuk menyiasatinya, pembuat kecapi mengganti bahan ini menjadi kawat baja.

Jenis Kecapi
Dilihat dari bentuknya, kecapi dibagi dalam dua jenis, yaitu kacapi parahu dan kacapi siter. Sedangkan jika dilihat dari fungsinya, ada dua jenis kecapi, yakni kecapi indung atau induk dan kecapi rincik atau anak. Keempat kecapi ini memiliki ciri khas masing-masing, jadi keempatnya pun unik.

Harga kecapi
Dari hasil penelusuran di toko-toko online, harga kecapi dibanderol dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk kecapi yang dibuat dari kayu kenanga, dijual dengan harga 950 ribuan. Ini bukan merupakan harga terendah, karena masih ada yang menjual di bawahnya, yaitu 500 ribu. Perbedaan harga ini ditentukan oleh bentuk, bahan dan kualitas kecapi tersebut. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design