• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 7:10 PM

WEST JAVA KINGDOM
Angklung, alat musik sunda yang satu ini semakin terkenal sejak diresmikan oleh UNESCO sebagai sebuah karya agung warisan budaya lisan dan non bendawi manusia pada tahun 2010, bulan November. Angklung menjadi milik masyarakat Indonesia secara umum, kebanggaan masyarakat Indonesia akan angklung menjadi bertambah. Banyak generasi muda yang berbondong-bondong ingin mempelajari alat musik yang terbuat dari bambu ini. Selain terkenal di seluruh masyarakat Indonesia, angklung juga dipakai oleh beberapa orang sebagai wajah baru budaya Indonesia di tontonan televisi. Ada juga iklan-iklan tertentu yang menayangkan angklung bersamabeberapa pemainsehingga mengalunlah nada indahnya, menenangkan.
Kemasyhuran angklung bukan tidak mungkin akan membuat permintaan akan alat musik daerah satu ini meningkat tajam. Meski secara adat, angklung dipercaya dapat digunakan untuk memanggil Dewi Sri, orang sudah terlanjur tertarik dengan suara khas-nya yang indah. Dan beramai-ramai ingin memiliki alat musik satu ini. Bersama dengan itu, normalnya tak hanya angklung yang mendapat perhatian. Bambu hitam, sebagai salah satu bahan dasar pembuat angklung juga tidak boleh luput dari perhatian publik. Karena semakin banyak angklung yang dibuat, maka akan semakin banyak pula bambu yang akan dipotong untuk pembuatan angklung.
Nah, berbicara tentang bambu, tak akan lepas dari ekosistem. Jika bambu hitam selalu diambil dan tidak pernah mendapat perhatian atau hanya dieksplorasi saja. Maka bisa jadi ekosistem akan tidak lagi seimbang. Hal ini jika terjadi terus menerus akan menimbulkan kelangkaan bambu yang kemudian akan menyebabkan kelangkaan angklung juga. Tak hanya itu, bambu baru-baru ini juga semakin diincar sebagai bahan dasar pembuatan furnitur.
Nah, pemerintah Jawa Barat ternyata sudah sadar akan hal tersebut, hal ini ditunjukkan dengan semakin ditingkatkannya budi daya bambu hitam,walaupun sebenarnya bambu hitam tidak hanya bisa diperoleh di daerah Bandung saja. Sejumlah daerah di Bandung seperti di gua Pawon, sudah ditanami 2800 bambu hitam ini. Angka ini bisa dikatakan cukup besar. Selain dapat menjadi bagian dari cara membudi dayakan bambu, bambu hitam yang ada di gua tersebut juga bisa memanjakan pengunjung yang sedang berwisata.
Ke depannya, budi daya bambu ini perlu sekali ditingkatkan. Dengan jumlah yang lebih banyak dan daerah yang semakin tersebar luas (tak hanya di satu titik). Selain dapat mengimbangi jumlah produksi angklung dan furnitur. Hal ini juga akan menjadi pemicu perekonomian para petani bambu. Oleh para entrepreneur muda, budi daya bambu hitam ini bisa dilirik sebagai usaha baru yang menguntungkan. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design