• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 7:23 PM
Sandrina dan Rumingkang adalah dua dari sekian banyak generasi muda yang memperkenalkan tarian tradisional Jaipong. Melalui sebuah acara di televisi swasta nasional, grup tari Rumingkang dan gadis kecil Sandrina Azzahra menjadikan tarian tradisional, khususnya Jaipong makin digemari. Untuk memperbanyak khasanah tentang Jaipong, mari simak ulasan berikut.
Sejarah Jaipong
Adalah Gugum Gumbira yang menjadi pelopor tarian ini pada tahun 1960-an. Tarian Jaipong sebenarnya merupakan tarian kreasi dari beberapa tarian di jawa barat, yaitu Ketuk Tilu, Kliningan, dan Ronggeng. Perhatian Gugum Gumbira terfokus pada ketuk tilu, yang kemudian menambah khasanah ilmunya tentang gerak tari tradisional. Gerak-gerak tari tradisional yang menginspirasi munculnya Jaipong adalah gerak bukaan, gerak pencugan, gerak mincid, dan gerak nibakeun. Gerak-gerak dasar tari jaipong selain didapat dari ketuk tilu juga lahir dari beberapa tarian seperti Ibing Bajidor, topeng banjet dan pencak silat. Maka dari itu, tari Jaipong ini tampak seperti sebuah tarian yang mampu menggabungkan gerak yang gemulai dengan gerak yang cepat, energik dan dinamis.
Pada awal kemunculannya, tarian ini dinilai vulgar. Namun seiring dengan berjalannya waktu tarian ini mudah diterima di masyarakat dengan dipentaskannya tarian ini di berbagai media elektronik dan acara-acara bertema kesenian lainnya. Mulai dikenalnya pada tahun 70-an dan mulai berkembang pada tahun 80-an, dalam kurun waktu ini Jaipong terus berbenah.
Ciri Khas Tarian
Meskipun lahir dari beberapa tarian tradisional, tari Jaipong tetap memiliki ciri khas-nya sendiri. Yaitu keceriaan, humoris, natural atau apa adanya, semangat dan kedinamisan, energik, erotis dan spontanitas yang kuat. Kedinamisan tarian ini sangat lekat dan kentara, hal ini dibuktikan dengan terserapnya tarian-tarian lain oleh gerak tari Jaipong di masa-masa sekarang.
Jaipong dan Zaman Modern
Tarian khas Jawa Barat satu ini memang selalu terbuka dengan khasanah baru tentang tarian. Hal ini dibuktikan dengan semakin berkembangnya gerak tari Jaipong dengan gerak tari modern yang semakin beragam. Bahkan, tari Jaipong yang sekarang ada sudah bercampur dengan perkusi, tarian salsa, dan lain-lain. Tujuannya, adalah mendekatkan Jaipong dengan generasi muda. Sehingga para generasi muda mau ikut melestarikan warisan budaya bangsa yang satu ini. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design