• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 8:11 PM
WEST JAVA KINGDOM
Budaya daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Untuk itulah, melestarikan budaya daerah sangat diperlukan. Budaya daerah selain menjadi ciri khas dari suatu daerah juga menjadi tanda kekayaan dari sebuah Negara. Keberagaman budaya faktanya bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan tentunya akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Lalu bagaimana melestarikan budaya tersebut di saat budaya barat mulai menggesernya?
Mulai dari hal kecil
Tidak perlu muluk-muluk ingin melestarikan kebudayaan dalam skala besar dulu jika belum melestarikan hal yang kecil. Salah satunya adalah berbahasa. Bahasa Sunda merupakan bahasa pemersatu masyarakat Sunda dan menjadi identitas warga Jawa Barat. Ini merupakan tugas pertama yang harus dilestarikan oleh masyarakat Sunda. Karena pemakaian bahasa Indonesia dan bahasa asing telah mengikis keinginan seseorang untuk belajar tentang budayanya sendiri.
Diri Sendiri
Jangan dulu menyuruh orang lain untuk melestarikan, jika anda sendiri belum mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mulailah dari diri anda sendiri, cara ini juga sekalian bisa anda jadikan sebuah cara untuk membuat yang lain sadar dan mengikuti anda. Dalam konteks ini, anda menjadi panutan.
Keluarga dan lingkungan
Praktekkan dengan keluarga anda. Ketika anda dan keluarga sudah berhasil melestarikannya, maka tibalah saatnya anda membawa kebiasaan keluarga anda ke lingkungan sekitar anda. Dengan membiasakan dan melestarikan di tingkatan lingkungan anda, maka sangat mudah melestarikan budaya ini di tingkat sosial kemasyarakatan. Sebarkan dan lestarikan budaya seperti sebuah virus.
Sekarang juga!
Jangan tunggu besok, lusa, atau nanti. Tapi lakukanlah sekarang. Tidak perlu banyak rencana, just do it! Karena dengan menunda berarti anda telah melewatkan waktu yang sangat berharga. Dan waktu, bukanlah sebuah hal yang bisa kembali. Dia hanya bergerak maju dan tak pernah mundur atau pun menengok ke belakang. Lakukan sekarang, maka waktu anda akan terbayar dengan keberhasilan.
Jadikan habit
Jangan hanya melakukannya sekali. Ketika anda sudah punya niat untuk melestarikan dan pernah melakukannya sekali, maka lakukan hal tersebut berulang kali. Dengan melakukannya berulang kali, ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang membuat anda tidak canggung lagi untuk melakukan hal tersebut dalam keseharian anda. Anda akan mulai melakukannya secara tidak sadar atau dengan spontan.
Itulah 5 cara mudah yang bisa diaplikasikan bersama-sama untuk melestarikan budaya daerah, khususnya budaya Sunda. Maka, sekarang saatnya kita mulai berbenah. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design