• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 12:31 AM
Situ Bagendit
WEST JAVA KINGDOM
Adalah Bagende Endit, seorang perempuan yang kaya raya tapi tamak dan kikir yang menjadi legenda dari Situ Bagendit ini. Dia merupakan seorang janda dengan harta yang sangat melimpah dengan menjadi rentenir. Sebuah posisi yang juga dilakoni oleh suaminya yang telah lebih dulu meninggal. Pada suatu hari, seorang kakek datang ke rumahnya untuk meminta minum, karena desa tersebut sedang dilanda kekeringan dan untuk memenuhi kebutuhan air mereka harus berjalan jauh. Namun malang, kakek tersebut malah mendapatkan penganiayaan dari Endit. Maka hari itu, setelah dianiaya oleh Endit, sang kakek mengambil tongkatnya dan menancapkannya ke tanah. Saat tongkat tersebut dicabut, memancarlah air dan tidak bisa dihentikan. Hingga airnya berubah menjadi sebuah danau.
Situ Patenggang
WEST JAVA KINGDOM
Nama resmi dari obyek wisata ini sebenarnya adalah Situ Patengan, namun banyak orang khususnya masyarakat lokal yang menyebut situ ini dengan Situ Patenggang. Obyek wisata ini terkenal dengan batu cintanya. Situ ini memiliki legenda antara Ki Santang dan Dewi Rengganis, yang terpisahkan dan saling mencari. Hingga akhirnya bertemu di batu cinta kemudian berlayar di danau tersebut menggunakan perahu. Menurut kepercayaan, barang siapa yang mengelilingi danau dan singgah di batu cinta tersebut, maka cintanya akan abadi.
Apabila kita mengkaji lebih dalam lagi berdasarkan sejarah, sebenarnya sulit untuk menemukan bukti otentik yang menunjukkan bahwa Ki Santang (kemungkinan besar merujuk pada tokoh Kian Santang) pernah singgah di lokasi ini. Justru hal inilah yang akan menantang para peneliti sejarah untuk meneliti kebenaran kisah di danau yang indah ini. Apakah legenda atau fakta? (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design