• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 9:07 PM
Seperti diketahui bersama, Jawa Barat identik dengan Maung. Kita tengok klub sepakbola terbesar PERSIB Bandung memakai julukan maung ini, Maung juga digunakan sebagai lambang dari Kodam III Siliwangi.Penggunaan maung sebagai simbol ini juga memiliki cerita dan legendanya sendiri. Adalah legenda mengenai Prabu Siliwangi yang menurut kisah yang populer dimasyarakat, saat akhir hayatnya menjelma menjadi seekor harimau putih. Sedangkan para pengikutnya menjadi harimau belang.
Legenda ini bergulir akibat sebuah kepercayaan atas sebuah wangsit yang konon disampaikan oleh Prabu Siliwangi dan sampai sekarang dikenal dengan sebutan wangsit Siliwangi. Yang bunyinya kurang lebih seperti ini: Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung. Meskipun menurut para pakar sejarah, keberadaan wangsit ini sedikit diragukan karena bahasa yang digunakan dalam kalimat ini bukanlah bahasa yang biasa digunakan oleh Raja tersebut. Kalimat ini menggunakan bahasa yang umum digunakan di kalangan rakyat biasa.
Terlepas dari benar atau tidaknya pelabelan maung yang berasal dari legenda Prabu Siliwangi ini, paling penting adalah menjalani kehidupan dengan penuh keberanian. Dengan kata lain, kata maung yang telah dijadikan julukan ini harusnya benar-benar mampu membawa kitauntuk menjadi lebih berani, tegas, bersemangat, cekatan, dan lincah. Pada intinya, semua hal yang dimiliki oleh maung (hal baiknya) dapat diserap oleh si pemilik julukan. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design