• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Unknown
No comments | 8:37 PM
WEST JAVA KINGDOM
Tanggal 25 Februari 2014, Presiden SBY ditemani Ibu Ani Yudhoyono dan rombongan menaiki kereta api Pangrango Bogor – Sukabumi - Cianjur untuk mengunjungi situs gunung Padang di Jawa Barat. SBY dan Ibu Ani tampak menikmati berada di lokasi Gunung Padang dengan berkeliling tanpa lelah. Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Republik Indonesia itu juga mengeluarkan keputusan-keputusan penting mengenai situs Gunung Padang, salah satunya adalah dukungan untuk para peneliti yang ingin mengungkap nilai sejarah dari gunung yang disinyalir memiliki nilai-nilai sejarah yang sangat kental ini.
Presiden RI ini mengungkapkan keputusannya di atas sebuah mimbar dengan dikelilingi oleh para rombongan menteri. Peneliti mengklaim bahwa di bawah mimbar tersebut terdapat banyak sekali benda purbakala, yang berupa ruang-ruang besar. Hal ini disampaikan oleh Danny Hilman, salah satu pakar geologi yang telah separuh jalan meneliti gunung ini. Danny menambahkan, masyarakat sekitar percaya bahwa mimbar di mana SBY berdiri tersebut merupakan salah satu tempat keramat yang disebut sebagai Lukisan Mahkota Dunia. Lukisan Mahkota Dunia ini sebenarnya terdiri dari 2 mimbar, berbentuk bukit kecil.
Kunjungan SBY kali ini nampaknya membawa kabar baik bagi para peneliti yang telah separuh jalan meneliti gunung Padang. Pasalnya, sebelumnya tim peneliti bekerja secara mandiri, menggunakan dana pribadi untuk meneliti gunung bersejarah ini. SBY mendukung penelitian ini dengan mengeluarkan keppres. Nantinya, dengan adanya keppres ini peneliti akan menjadi lebih semangat dan akan memberikan hasil pembuktian benda sejarah yang ada di gunung tersebut lebih cepat.
Danny Hilman seperti yang dikutip dari detik.com mengungkapkan bahwa pembuktian ilmiah sudah baik, namun masyarakat awam harus yakin benar. Sehingga dibutuhkan eskavasi dan display agar masyarakat bisa melihatnya.
Adalah bangunan arsitektur besar, lapisan lava yang menjadi bangunan yang disinyalir menjadi benda purbakala yang terkandung dalam Gunung Padang. Nantinya, struktur bangunan yang didapatkan akan dilengkapi dengan analisa umurnya juga hasil karbondating. Danny menjelaskannya lebih detail, mengobati penasaran dan menjelaskan hasil penelitiannya yang masih berjalan separuh. Dalam kesempatan ini, Danny juga memberi tahu bahwa tim riset mandiri telah menemukan dua lapisan yang berbeda usia saat menelitinya, lapisan pertama berusia 500 SM, dan lapisan kedua berusia 5900 SM. Kedua usia ini diambil dengan metode carbon dating. (WJK News)

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas
Bandung Cyber City
Persib History
Republik Design